Tuesday, November 27, 2012

WIRELESS NETWORK


WIRELESS NETWORK

Jaringan Wireless mengacu pada jenis jaringan komputer yang tidak terhubung dengan kabel apapun. Ini adalah metode yang rumah, jaringan telekomunikasi , dan (bisnis) perusahaan instalasi menghindari proses yang mahal memperkenalkan kabel ke gedung, atau sebagai koneksi antara lokasi berbagai peralatan. Wireless jaringan telekomunikasi pada umumnya dilaksanakan dan dikelola dengan menggunakan radio komunikasi . Implementasi ini terjadi pada tingkat fisik (lapisan) dari struktur jaringan model OSI.

Wireless PAN

Wireless personal area network perangkat interkoneksi (WPANs) dalam area yang relatif kecil, yang umumnya dalam jangkauan seseorang. Sebagai contoh, baik Bluetooth radio dan tak terlihat inframerah cahaya menyediakan WPAN untuk interkoneksi headset ke laptop. ZigBee juga mendukung aplikasi WPAN. Wi-Fi PANS menjadi biasa (2010) sebagai desainer peralatan mulai mengintegrasikan Wi-Fi ke berbagai perangkat elektronik konsumen. Intel "My WiFi" dan Windows 7 " maya Wi-Fi "kemampuan telah membuat Wi-Fi Pans sederhana dan lebih mudah untuk mengatur dan mengkonfigurasi.

Wireless LAN

Sebuah jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menghubungkan dua atau lebih perangkat melalui jarak pendek dengan menggunakan metode distribusi nirkabel, biasanya menyediakan koneksi melalui jalur akses untuk akses internet . Penggunaan spread-spectrum atau OFDM teknologi dapat memungkinkan pengguna untuk bergerak dalam area cakupan lokal, dan masih tetap terhubung ke jaringan.
Produk menggunakan IEEE 802.11 standar WLAN dipasarkan dengan Wi-Fi nama merek. nirkabel tetap menerapkan teknologi point-to-point link antara komputer atau jaringan di dua lokasi yang jauh, sering menggunakan dedicated microwave atau dimodulasi sinar laser sinar melalui line of sight jalur . Hal ini sering digunakan di kota-kota untuk menghubungkan jaringan di dua atau lebih bangunan tanpa harus memasang link kabel.

Wireless Jaringan Mesh

Sebuah jaringan wireless mesh adalah jaringan nirkabel terdiri dari node radio diselenggarakan dalam topologi mesh. Depan setiap node pesan atas nama node lain. Jaringan mesh dapat "menyembuhkan diri", otomatis re-routing di sekitar simpul yang telah kehilangan kekuasaan.

MAN Wireless

Wireless jaringan area metropolitan adalah jenis jaringan nirkabel yang menghubungkan beberapa LAN nirkabel.

Wireless WAN

Wireless wide area network adalah jaringan nirkabel yang biasanya mencakup daerah yang luas, seperti antara kota-kota tetangga dan kota, atau kota dan pinggiran kota. Jaringan ini dapat digunakan untuk menghubungkan kantor cabang bisnis atau sebagai sistem internet akses publik. Koneksi nirkabel antara titik akses biasanya titik ke titik link microwave menggunakan piring parabola pada pita 2,4 GHz, bukan antena omnidirectional digunakan dengan jaringan yang lebih kecil. Sebuah sistem yang khas berisi gateway base station, jalur akses dan relay menjembatani nirkabel. Konfigurasi lainnya adalah sistem jala di mana setiap jalur akses bertindak sebagai relay juga. Ketika dikombinasikan dengan sistem energi terbarukan seperti foto-volta panel surya atau angin sistem mereka dapat berdiri sendiri sistem.

Seluler Jaringan

Sebuah jaringan selular atau jaringan mobile merupakan jaringan radio didistribusikan melalui lahan yang disebut sel, masing-masing dilayani oleh setidaknya satu fixed-lokasi transceiver , yang dikenal sebagai situs sel atau base station . Dalam jaringan selular, setiap sel khas yang berbeda menggunakan frekuensi radio dari semua sel langsung mereka tetangga untuk menghindari gangguan apapun.
Ketika bergabung bersama sel-sel ini menyediakan cakupan radio di wilayah geografis yang luas. Hal ini memungkinkan sejumlah besar transceiver portabel (misalnya, ponsel, pager , dll) untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dan dengan transceiver tetap dan telepon di mana saja dalam jaringan, melalui BTS, bahkan jika beberapa transceiver bergerak melalui lebih dari satu sel selama transmisi.
Meskipun awalnya ditujukan untuk ponsel, dengan perkembangan smartphone , jaringan telepon seluler secara rutin membawa data selain percakapan telepon:
  • Global System for Mobile Communications (GSM): Jaringan GSM dibagi menjadi tiga sistem utama: sistem switching, sistem base station, dan sistem operasi dan dukungan. Ponsel terhubung ke stasiun sistem dasar yang kemudian menyambung ke operasi dan stasiun dukungan, kemudian menghubungkan ke stasiun switching di mana panggilan tersebut akan dialihkan ke mana harus pergi. GSM adalah standar paling umum dan digunakan untuk sebagian besar ponsel.
  • Personal Communications Layanan (PCS): PCS adalah sebuah band radio yang dapat digunakan oleh ponsel di Amerika Utara dan Asia Selatan. Sprint kebetulan layanan pertama untuk mendirikan sebuah PCS.
  • D-AMPS : Layanan Telepon Digital Advanced Mobile, versi upgrade dari AMPS, sedang dihapus karena kemajuan teknologi. The GSM baru jaringan yang menggantikan sistem lama.

Penggunaan

Beberapa contoh penggunaan termasuk telepon selular yang merupakan bagian dari jaringan nirkabel sehari-hari, yang memungkinkan komunikasi pribadi yang mudah. Contoh lain, Inter-continental sistem jaringan, menggunakan radio satelit untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Layanan Darurat seperti polisi memanfaatkan jaringan nirkabel untuk berkomunikasi secara efektif juga. Individu dan bisnis menggunakan jaringan nirkabel untuk mengirim dan berbagi data dengan cepat, apakah itu berada di sebuah bangunan kantor kecil atau di seluruh dunia.

Umum

Dalam pengertian umum, jaringan nirkabel menawarkan berbagai macam kegunaan baik oleh pengguna bisnis dan rumah.
"Sekarang, industri menerima beberapa teknologi nirkabel yang berbeda Setiap teknologi nirkabel didefinisikan oleh standar yang menggambarkan fungsi yang unik baik di fisik dan lapisan Data Link dari model OSI.. Standar-standar berbeda dalam metode tertentu mereka sinyal, rentang geografis , dan frekuensi penggunaan, antara lain. Perbedaan tersebut dapat membuat teknologi tertentu lebih cocok untuk jaringan rumah dan lain-lain lebih cocok untuk jaringan organisasi yang lebih besar ".

Kinerja

Setiap standar bervariasi dalam jangkauan geografis, sehingga membuat satu standar lebih ideal daripada berikutnya tergantung pada apa itu adalah salah satu yang ingin dicapai dengan jaringan nirkabel. Kinerja jaringan nirkabel memenuhi berbagai aplikasi seperti suara dan video. Penggunaan teknologi ini juga memberikan ruang untuk ekspansi, seperti dari 2G ke 3G dan, terakhir, 4G teknologi, yang merupakan singkatan dari generasi keempat ponsel standar komunikasi mobile. Sebagai jaringan nirkabel telah menjadi biasa, kecanggihan meningkat melalui konfigurasi hardware jaringan dan software, dan kapasitas yang lebih besar untuk mengirim dan menerima sejumlah besar data, lebih cepat, dicapai.

Ruang

Ruang adalah karakteristik lain dari jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel menawarkan banyak keuntungan ketika datang ke sulit-untuk-kawat daerah berusaha untuk berkomunikasi seperti seberang jalan atau sungai, sebuah gudang di sisi lain dari premis atau bangunan yang secara fisik terpisah tetapi beroperasi sebagai salah satu. Wireless jaringan memungkinkan bagi pengguna untuk menunjuk ruang tertentu yang jaringan akan dapat berkomunikasi dengan perangkat lain melalui jaringan itu. Ruang ini juga dibuat di rumah-rumah sebagai hasil dari menghilangkan mengacaukan kabel. Teknologi ini memungkinkan alternatif untuk memasang media jaringan fisik seperti TPS , coaxes , atau serat optik , yang juga dapat menjadi mahal.

Rumah

Untuk pemilik rumah, teknologi nirkabel adalah pilihan yang efektif dibandingkan dengan ethernet untuk printer sharing, scanner, dan koneksi internet kecepatan tinggi. WLAN membantu menyelamatkan dari biaya pemasangan media kabel, menghemat waktu dari instalasi fisik, dan juga menciptakan mobilitas untuk perangkat yang terhubung ke jaringan. Jaringan nirkabel sederhana dan memerlukan sedikitnya satu pun titik akses nirkabel terhubung langsung ke Internet melalui router .

Kekhawatiran Lingkungan

Mulai sekitar tahun 2009, telah ada peningkatan keprihatinan tentang keamanan komunikasi nirkabel, meskipun sedikit bukti risiko kesehatan sejauh ini. Presiden Lakehead University menolak untuk menyetujui instalasi jaringan nirkabel mengutip California Public Utilities Commission studi yang mengatakan bahwa kemungkinan risiko tumor dan penyakit lainnya akibat paparan medan elektromagnetik (EMFs) perlu diteliti lebih lanjut.
Titik akses nirkabel juga sering dekat dengan manusia, tapi drop off dalam kekuasaan atas jarak cepat, mengikuti hukum kuadrat terbalik . The HPA posisi bahwa "... frekuensi radio (RF) eksposur dari WiFi kemungkinan lebih rendah dibandingkan dari ponsel. "Ini juga melihat" ... ada alasan mengapa sekolah dan lain-lain tidak harus menggunakan peralatan WiFi ".  Pada bulan Oktober 2007, HPA meluncurkan baru "sistematis" studi menjadi efek dari WiFi jaringan atas nama pemerintah Inggris, untuk menenangkan kekhawatiran yang telah muncul di media dalam periode belakangan sampai saat itu ".  Dr Michael Clark, dari HPA, mengatakan penelitian diterbitkan pada ponsel dan tiang tidak tidak menambahkan hingga dakwaan WiFi.

Peralatan yang digunakan dalam jaringan.

Perangkat keras

  1. NIC ( Network Interface Card ).
NIC merupakan komponenkunci pada terminal jaringan yang berfungsi mengirim data ke jaringandan menerima data yang dikirim keterminal kerja.
  1. Kabel.
Kabel merupakan komponen fisik yang paling rentan dan harus diintalasi secara cermat dan teliti, karena kabel terdiri dari kawat tembaga yang berfungsi untuk mengalirkan listrik. Kabel yang digunakan pada jaringan disebut UTP (UnTwisted Pair).
Jenis-jenis kabel :
-          Coaxial
-          Twisted pair
-          Fibre optic ( serat optik )
  1. Konektor.
Konektor merupakan conecctor tempat dimana kabel-kabel yang ada pada kabel UTP ditempatkan. Kenektor yang biasa digunakan ialah RJ45.
  1. Crimping
Crimping merupakan peralatan yang digunakan untuk memasang konektor RJ45 kedalam kabel sehingga konektor RJ45 terpasang dengan benar.
  1. HUB
HUB merupakan perangkat keras jaringan yang menggabungkan beberapa komputer kedalam sebuah Local Area Network (LAN). HUB berada pada Layer 1 dalam OSI model dan pengiriman data dilakukan ke semua komputer yang terhubung dalam satu LAN

-          Passive Hub
Passive hub tidak menguatkan sinyal elektrik dari paket yang masuk kedalam hub sebelum hub membroadcast paket – paket tersebut keluar.
-          Active Hub
Active Hub adalah kebalikan dari passive hub. Active hub melakukan penguatan sinyal elektrik dari paket yang masuk kedalam hub. Active hub juga disebut juga dengan repeater.
  1. Switch.
Switch merupakan suatu perangkat yang menggabungkan beberapa komputer ke dalam sebuah Local Area Network ( LAN ). Swicth beroperasi pada layer 2 (Data Link Layer) dari model OSI.
  1. Router.
Router merupakan penghubung satu komputer ke komputer lain atau satu jaringan ke jaringan lain agar komputer atau jaringan dapat saling berkomunikasi.





Perangkat lunak
  1. Disk Operating Sistem ( DOS ).
  2. Network Operating Sistem ( NOS ).
NOS berfungsi sebagai berikut :
-          menyediakan pengolahan sumber daya server.
-          Menediakan perangkat lunak aplikasi pada tiap workstation yang terhubung ke jaringan.
  1. Perangkat lunak aplikasi.
    • Aplikasi jaringan
Aplikasi ini tugas terhadap jaringan seperti pencatatan akses, pembatasan akses tertentu.
o   Aplikasi manajemen
Aplikasi ini berfungsi untuk memantau jaringan, elemen yang dipantau berupa aktivitas jaringan, hidup atau matinya node.
o   Aplikasi backup
Aplikasi ini menjadi salah satu hal penting dalam jaringan. Secara software seorang admin bisa melakukan remote backup ke mesin lain secara berkala, secara hardware bisa dilakukan dengan disk mirroring.

Media tranmisi.

            Media taranmisi mrupakan jalur fisik antara pengirm dan penerima dalam system tarmisi data. Media tranmisi yang digunakan adalah
o   Kabel.
Kabel merupakan komponen fisik yang paling rentan dan harus diintalasi secara cermat dan teliti, karena kabel terdiri dari kawat tembaga yang berfungsi untuk mengalirkan listrik. Kabel yang digunakan pada jaringan disebut UTP (UnTwisted Pair).
Jenis-jenis kabel :
-          Coaxial
-          Twisted pair
-          Fibre optic ( serat optik )

o   NIC ( Network Interface Card ).
NIC merupakan komponenkunci pada terminal jaringan yang berfungsi mengirim data ke jaringandan menerima data yang dikirim keterminal kerja.

Metode tramisi.

o   Baseband.
Data yang berupa sinyaldigital langsung dikirim melalui media tranmisi satu channel seperti kabel tanpa mengalami perubahan apapun.
o   Broadband.
Mentarmnisikan sinyal analog, apabila dalam bentuk sinyal digital harus dimodulasikan lebih dahulu menjadi sinyal analog.



TERMINAL

Peralatan yang mengakses layanan melalui jaringan yang sifatnya remote atau terpisah melalui sebuah saluran telekomunikasi. Jika terminal ini ditujukan sebagai sebuah komputer, istilah itu sudah ketinggalan jaman, karena komputer pribadi mengkombinasikan kemampuan yang stand alone atau mandiri dengan komunikasi.

ALAT INPUT LANGSUNG

Yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa lewat suatu media lainnya, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan sistem komputer.
=>Keyboard
Adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke alat proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol.
Keyboard sebagai alat input langsung biasanya didampingi dengan suatu tampilan yang akan menampilkan apa yang ditekan. Keyboard dengan display ini merupakan suatu terminal.

DUMB TERMINAL

Merupakan suatu terminal atau alat komputer yang digunakan oleh manusia yang hanya terdiri dari monitor dan keyboard. Komputer yang hanya dapat menampilkan apa yang dapat diterima dan tidak dapat melakukan pemrosesan lain. Terminal ini sepenuhnya bergantung pada komputer utama untuk pemrosesannya. Istilah ini juga dipakai untuk menyebut beberapa mainframe dan terminal minicomputer, karena sejumlah kemampuan built-in screen display yang dimilikinya.

Sumber :
2.      en.wikipedia.org/wiki/Wireless_network

No comments:

Post a Comment